TUGAS SEKOLAH: "materi ujian praktik XII IPA SMAN 1 PAGAK"

LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK 1

JUDUL           : Uji kandungan bahan makanan

TUJUAN        : Dapat membuktikan bahwa suatu bahan makanan mengandung glukosa,
                          amilum, protein dan lemak.

ALAT DAN BAHAN            :

1.      Nasi, telur rebus (putih dan kuning), tahu, pisang, dll
2.      Reagen biuret
3.      reagen lugol
4.      Reagen fehling A dan fehling B atau menggunakan benedict
5.      Tabung reaksi
6.      Rak tabung reaksi
7.      pipet
8.      kertas buram
9.      bunsen/lampu spiritus
10.  pipet tetes
11.  pengaduk bahan (tusuk gigi)
12.  tisu
13.  korek api
14.  mortal dan pistil
15.  aquades

CARA KERJA           :
  1. Haluskan bahan yang telah tersedia menggunakan mortal dan pistil, tambahkan sedikit aquades
  2. Masukkan tiap bahan ke dalam plat tetes, masing-masing bahan dalam 2 tempat pada plat tetes ( 2 deret bahan )
  3. Sebagian bahan yang telah halus masukkan kedalam tabung reaksi
  4. Sebagian bahan lainnya oleskan pada kertas buram setipis-tipisnya dengan menggunakan jari, beri keterangan bahan lalu jemur/anginkan sehingga kering, jika terdapat noda transparan pada kertas buram tersebut berarti bahan makanan maengandung lemak.
  5. Untuk membuktikan adanya protein, tetesi deret 1 dengan reagen biuret masing-masing 2-3 tetes. Jika ada perubahan warna bahan menjadi ungu berarti mengandung protein.
  6. Untuk mengamati adanya amilum, tetesi deret  bahan II  pada plat tetes dengan reagen lugol, jika ada perubahan warna mbahan menjadi biru – kehitaman berarti bahan tersebut mengandung amilum.
  7. Untuk membuktikan adanya glukosa, bahan yang terdapat dalam tabung reaksi ditetesi dengna larutan fehling A dan fehling B atau Benedict  4-3 tetes lalu di panaskan diatas bunsen, jika ada perubahan warna bahan menjadi merah bata berarti mengandung glukosa.






HASIL PENGAMATAN
No
Bahan Makanan
Kandungan zat makanan
Amilum
Protein
Glukosa
Lemak
1





2





3





4





5





Catatan : berilah tanda √ pada kolom kandungan zat makanan







LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK 2


JUDUL           : Pengamatan sel/jaringan epitelium rongga mulut

TUJUAN        : Dapat memyebutkan dn bagian-bagian, bentuk dan fungsi jaringan
  epitelium

ALAT DAN BAHAN            :
1.      Mikroskop cahaya
2.      Kaca obyek
3.      Kaca penutup
4.      Pipet
5.      Tusuk gigi
6.      Larutan metilen blue
7.      Kertas hisap
8.      Alkohol 70 %
9.      Kapas

CARA KERJA           :
  1. Bersihkan tusukgigi dengan alkohol 70 %
  2. Dengan menggunakan tusuk gigi, goreslah secara perlahan lapisan permukaan dinding bagian dalam mulut samapai epitelium terbawa pada ujung tusuk gigi.
  3. Oleskan hasil gooresan tersebut di atas kaca obyek dan ratakan
  4. Tetesi dengan larutan metilen blue pada kaca obyek, tepatnya diatas goresan sel epitelium. Kemudian tutuplah dengan kaca penutup
5.        Amati preparat yang telah dibuat di mikroskop dengan pembesaran 10 x  10  kemudian dengan pembesaran 10 x 40.
  1. Gambarlah hasil pengamatanmu pada pembesaran 10 x10 dan 10 x 40 dan beri keterangan bagian-bagian sel epitelium tersebut.

HASIL PENGAMATAN
No
Gambar
Pembesaran
Keterangan






















LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK 3


JUDUL           : Plasmolisis

TUJUAN        : Dapat menjelaskan proses plasmolisis

ALAT DAN BAHAN            :
1.      Mikroskop cahaya
2.      Kaca obyek
3.      Kaca penutup
4.      Daun Rhoeo discolor
5.      Larutan gula 10 %


CARA KERJA           :
  1. Sediakan kaca obyek yang bersih, beri setetes air dengan pipet.
  2. Ambil daun Rhoeo discolor, kupas epidermis bawahnya hingga beberapa sel dibawahnya terbawa. Caranya : patahkan daun tersebut, kelupas bagian epidermis tersebut dengan kuku, tarik hingga diperoleh selapis sel epidermis.
  3. Kemudian letakkan diatas setetes air  pada kaca obyek. Tutuplah dengan kaca penutup.
  4. Amati dengan mikroskop dan gambarlah dua atau tiga sel yang jelas benar strukturnya.
  5. Dari tepi kaca penutup, teteskan larutan gula dengan pipet. Dari tepi yang lain hisap dengan kertas isap agar terjadi pergantian medium.
  6. Amati sel yang telah digambar tadi. Apakah terjadi plasmolisis ? Jika terjadi akan tampak ruangan antara isi sel dengan dinding sel yang semakin meluas. Warna isi sel menjadi semakin unggu. Gambarlah !

HASIL PENGAMATAN


No
Gambar
( sebelum ditetesi larutan gula 10%)
Gambar
( setelah ditetesi larutan gula 10 %)

Keterangan



























LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK 4


JUDUL           : Struktur jaringan pada akar tanaman monokotil/dikotil

TUJUAN        :
-          Dapat mendiskripsikan struktur anatomi akar
-          Menjelaskan susunan dan letak jaringan-jaingan yang mendukung fungsi akar.
-          Membandingkan struktur jaringan pada akar monokotil dengan akar dikotil


ALAT DAN BAHAN            :
1.      Mikroskop cahaya
2.      Preparat awetan akar tumbuhan dikotil dan monokotil


CARA KERJA           :
           
  1. Siapkan mikroskop dan aturlah cahaya yang masuk.
  2. Amatilah preparat awetan irisan melintang akar monokotil dengan menggunakan mikroskop.
  3. Gambarlah bagian-bagian penyusun akar, beri keterangan jaringan penyusun akar tersebut.
  4. Ulangi pengamatan untuk akar tanaman dikotil

HASIL PENGAMATAN


No


Gambar akar monokotil

Gambar Akar dikotil

Keterangan































LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK 5


JUDUL           : Struktur jaringan pada batang tanaman monokotil/dikotil.

TUJUAN        :
-          Dapat mendiskripsikan struktur anatomi batang
-          Menjelaskan susunan dan letak jaringan-jaingan yang mendukung fungsi batang.
-          Membandingkan struktur jaringan pada batang monokotil dengan batang dikotil


ALAT DAN BAHAN            :
1.      Mikroskop cahaya
2.      Preparat awetan batang tumbuhan dikotil dan monokotil


CARA KERJA           :
           
  1. Siapkan mikroskop dan aturlah cahaya yang masuk.
  2. Amatilah preparat awetan irisan melintang batang monokotil dengan menggunakan mikroskop.
  3. Gambarlah bagian-bagian penyusun batang, beri keterangan jaringan penyusun batang tersebut.
  4. Ulangi pengamatan untuk batang tanaman dikotil

HASIL PENGAMATAN


No


Gambar batang monokotil

Gambar batang dikotil

Keterangan






























LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK 6


JUDUL           : Struktur jaringan pada daun tanaman monokotil/dikotil.

TUJUAN        :
-          Dapat mendiskripsikan struktur anatomi daun
-          Menjelaskan susunan dan letak jaringan-jaingan yang mendukung fungsi daun.
-          Membandingkan struktur jaringan pada daun monokotil dengan daun dikotil


ALAT DAN BAHAN            :
  1. Mikroskop cahaya
  2. Preparat awetan daun tumbuhan dikotil dan monokotil


CARA KERJA           :
           
  1. Siapkan mikroskop dan aturlah cahaya yang masuk.
  2. Amatilah preparat awetan irisan melintang daun monokotil dengan menggunakan mikroskop.
  3. Gambarlah bagian-bagian penyusun daun, beri keterangan jaringan penyusun daun tersebut.
  4. Ulangi pengamatan untuk daun tanaman dikotil

HASIL PENGAMATAN


No


Gambar daun monokotil

Gambar daun dikotil

Keterangan































LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK 7


JUDUL           : Struktur jamur tempe (Rhyzopus oryzae).

TUJUAN        :
- Dapat mendiskripsikan struktur jamur tempe (Rhyzopus oryzae).
- Dapat menyebutkanciri-ciri jamur tempe (Rhyzopus oryzae )

ALAT DAN BAHAN            :
1.      Mikroskop cahaya
2.      Preparat awetan jamur tempe

CARA KERJA           :
           
  1. Siapkan mikroskop dan aturlah cahaya yang masuk.
  2. Amatilah preparat awetan jamur tempe dengan menggunakan mikroskop.
  3. Gunakan pembesaran 10 x10 dan 10 x 40
  4. Tentukan mana bagian-bagian  berikut :
- rizoid                         - hifa                            - sporangiofor
- miselium                    - spora                         - stolon
- sporangium
  1. Gambarlah bagian-bagian penyusun jamur tempe, beri keterangan gambar !

HASIL PENGAMATAN


No


Gambar

Keterangan































LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK  8


JUDUL           : Struktur alga hijau ( Spirogyra ,sp)

TUJUAN        :
- Dapat mendiskripsikan struktur  alga hijau ( Spirogyra ,sp)
- Dapat menyebutkan ciri-ciri alga hijau ( Spirogyra ,sp)

ALAT DAN BAHAN            :
1.      Mikroskop cahaya
2.      Kaca benda
3.      Kaca penutup
4.      pipet
5.      Kertas hisap
6.      Air bersih
7.      alga hijau ( Spirogyra ,sp)

CARA KERJA           :
           
  1. Siapkan mikroskop dan aturlah cahaya yang masuk.
  2. Siapkan kaca benda dan kaca penutup. Ambilah sedikit alga hijau ( Spirogyr,sp), letakkan diatas kaca benda dan beri sedikit air
  3. Tutuplah dengan kaca penutup, hisap dengan kertas hisap  jika air terlalu banyak.
  4. Amati dengan pembesaran lemah  lalu dengan pembesaran kuat.
  5. Perhatikan bentuk kloloplasnya, amati kalau kemungkinan terdapat zigospora
  6. Gambarlah  hasil pengamatanmu dalam tabel  dan beri keterangan

HASIL PENGAMATAN


No


Gambar

Keterangan

























LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK  9


JUDUL           : Peredaran darah pada kecebong

TUJUAN        :
- Dapat mendiskripsikan peredaran darah pada kecebong

ALAT DAN BAHAN            :
1.      Mikroskop cahaya
2.      Kaca benda
3.      Kaca penutup
4.      pipet
5.      Kertas hisap
6.      Air bersih
7.      kecebong

CARA KERJA           :
           
a.       Siapkan mikroskop dan aturlah cahaya yang masuk.
b.      Siapkan kaca benda dan kaca penutup. Ambilah satu kecebong,  letakkan diatas kaca benda dan beri sedikit air
c.       Tutuplah dengan kaca penutup, hisap dengan kertas hisap  jika air terlalu banyak.
d.      Amati bagian ekor kecebong dengan pembesaran lemah  lalu dengan pembesaran kuat.
e.       Perhatikan peredaran darahnya ( kapiler darah dan darah yang mengalir )
f.       Gambarlah  hasil pengamatanmu dalam tabel  dan beri keterangan

HASIL PENGAMATAN


No


Gambar peredaran darah

Keterangan

















0 Comment "TUGAS SEKOLAH: "materi ujian praktik XII IPA SMAN 1 PAGAK""

Post a Comment