LEMBAR KEGIATAN
PESERTA DIDIK 1
JUDUL : Uji kandungan bahan makanan
TUJUAN : Dapat membuktikan bahwa suatu bahan
makanan mengandung glukosa,
amilum, protein dan lemak.
ALAT DAN BAHAN :
1. Nasi, telur rebus (putih dan kuning), tahu, pisang,
dll
2. Reagen biuret
3. reagen lugol
4. Reagen fehling A dan fehling B
atau menggunakan benedict
5. Tabung reaksi
6. Rak tabung reaksi
7. pipet
8. kertas buram
9. bunsen/lampu spiritus
10. pipet tetes
11. pengaduk bahan (tusuk gigi)
12. tisu
13. korek api
14. mortal dan pistil
15. aquades
CARA KERJA :
- Haluskan bahan yang telah tersedia menggunakan
mortal dan pistil, tambahkan sedikit aquades
- Masukkan tiap bahan ke dalam plat tetes,
masing-masing bahan dalam 2 tempat pada plat tetes ( 2 deret bahan )
- Sebagian bahan yang telah halus masukkan
kedalam tabung reaksi
- Sebagian bahan lainnya oleskan pada kertas
buram setipis-tipisnya dengan menggunakan jari, beri keterangan bahan lalu
jemur/anginkan sehingga kering, jika terdapat noda transparan pada kertas
buram tersebut berarti bahan makanan maengandung lemak.
- Untuk membuktikan adanya protein, tetesi deret
1 dengan reagen biuret masing-masing 2-3 tetes. Jika ada perubahan warna
bahan menjadi ungu berarti mengandung protein.
- Untuk mengamati adanya amilum, tetesi
deret bahan II pada plat tetes dengan reagen lugol, jika
ada perubahan warna mbahan menjadi biru – kehitaman berarti bahan tersebut
mengandung amilum.
- Untuk membuktikan adanya glukosa, bahan yang
terdapat dalam tabung reaksi ditetesi dengna larutan fehling A dan fehling
B atau Benedict 4-3 tetes lalu di panaskan diatas bunsen, jika ada perubahan warna bahan
menjadi merah bata berarti mengandung glukosa.
HASIL PENGAMATAN
No
|
Bahan Makanan
|
Kandungan zat makanan
|
|||
Amilum
|
Protein
|
Glukosa
|
Lemak
|
||
1
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
Catatan : berilah tanda √ pada kolom kandungan zat
makanan
LEMBAR KEGIATAN
PESERTA DIDIK 2
JUDUL : Pengamatan sel/jaringan epitelium
rongga mulut
TUJUAN : Dapat memyebutkan dn bagian-bagian,
bentuk dan fungsi jaringan
epitelium
ALAT DAN BAHAN :
1. Mikroskop cahaya
2. Kaca obyek
3. Kaca penutup
4. Pipet
5. Tusuk gigi
6. Larutan metilen blue
7. Kertas hisap
8. Alkohol 70 %
9. Kapas
CARA KERJA :
- Bersihkan tusukgigi dengan alkohol 70 %
- Dengan menggunakan tusuk gigi, goreslah secara
perlahan lapisan permukaan dinding bagian dalam mulut samapai epitelium
terbawa pada ujung tusuk gigi.
- Oleskan hasil gooresan tersebut di atas kaca
obyek dan ratakan
- Tetesi dengan larutan metilen blue pada kaca
obyek, tepatnya diatas goresan sel epitelium. Kemudian tutuplah dengan
kaca penutup
5.
Amati preparat yang telah
dibuat di mikroskop dengan pembesaran 10 x
10 kemudian dengan pembesaran 10
x 40.
- Gambarlah hasil pengamatanmu pada pembesaran
10 x10 dan 10 x 40 dan beri keterangan bagian-bagian sel epitelium
tersebut.
HASIL PENGAMATAN
No
|
Gambar
|
Pembesaran
|
Keterangan
|
|
|
|
|
LEMBAR KEGIATAN
PESERTA DIDIK 3
JUDUL : Plasmolisis
TUJUAN : Dapat menjelaskan proses plasmolisis
ALAT DAN BAHAN :
1.
Mikroskop cahaya
2.
Kaca obyek
3.
Kaca penutup
4.
Daun Rhoeo discolor
5.
Larutan gula 10 %
CARA KERJA :
- Sediakan kaca obyek yang bersih, beri setetes
air dengan pipet.
- Ambil daun Rhoeo discolor, kupas
epidermis bawahnya hingga beberapa sel dibawahnya terbawa. Caranya :
patahkan daun tersebut, kelupas bagian epidermis tersebut dengan kuku,
tarik hingga diperoleh selapis sel epidermis.
- Kemudian letakkan diatas setetes air pada kaca obyek. Tutuplah dengan kaca
penutup.
- Amati dengan mikroskop dan gambarlah dua atau
tiga sel yang jelas benar strukturnya.
- Dari tepi kaca penutup, teteskan larutan gula
dengan pipet. Dari tepi yang lain hisap dengan kertas isap agar terjadi
pergantian medium.
- Amati sel yang telah digambar tadi. Apakah
terjadi plasmolisis ? Jika terjadi akan tampak ruangan antara isi sel
dengan dinding sel yang semakin meluas. Warna isi sel menjadi semakin
unggu. Gambarlah !
HASIL PENGAMATAN
No
|
Gambar
( sebelum ditetesi larutan gula 10%)
|
Gambar
( setelah ditetesi larutan gula 10 %)
|
Keterangan
|
|
|
|
|
LEMBAR KEGIATAN
PESERTA DIDIK 4
JUDUL : Struktur jaringan pada akar tanaman
monokotil/dikotil
TUJUAN :
-
Dapat mendiskripsikan
struktur anatomi akar
-
Menjelaskan susunan dan
letak jaringan-jaingan yang mendukung fungsi akar.
-
Membandingkan struktur
jaringan pada akar monokotil dengan akar dikotil
ALAT DAN BAHAN :
1. Mikroskop cahaya
2. Preparat awetan akar tumbuhan dikotil dan monokotil
CARA KERJA :
- Siapkan mikroskop dan aturlah cahaya yang
masuk.
- Amatilah preparat awetan irisan melintang akar
monokotil dengan menggunakan mikroskop.
- Gambarlah bagian-bagian penyusun akar, beri
keterangan jaringan penyusun akar tersebut.
- Ulangi pengamatan untuk akar tanaman dikotil
HASIL PENGAMATAN
No
|
Gambar akar monokotil
|
Gambar Akar dikotil
|
Keterangan
|
|
|
|
|
LEMBAR KEGIATAN
PESERTA DIDIK 5
JUDUL : Struktur jaringan pada batang tanaman
monokotil/dikotil.
TUJUAN :
-
Dapat mendiskripsikan
struktur anatomi batang
-
Menjelaskan susunan dan
letak jaringan-jaingan yang mendukung fungsi batang.
-
Membandingkan struktur
jaringan pada batang monokotil dengan batang dikotil
ALAT DAN BAHAN :
1. Mikroskop cahaya
2. Preparat awetan batang tumbuhan dikotil dan
monokotil
CARA KERJA :
- Siapkan mikroskop dan aturlah cahaya yang
masuk.
- Amatilah preparat awetan irisan melintang batang
monokotil dengan menggunakan mikroskop.
- Gambarlah bagian-bagian penyusun batang, beri
keterangan jaringan penyusun batang tersebut.
- Ulangi pengamatan untuk batang tanaman dikotil
HASIL PENGAMATAN
No
|
Gambar batang monokotil
|
Gambar batang dikotil
|
Keterangan
|
|
|
|
|
LEMBAR KEGIATAN
PESERTA DIDIK 6
JUDUL : Struktur jaringan pada daun tanaman monokotil/dikotil.
TUJUAN :
-
Dapat mendiskripsikan
struktur anatomi daun
-
Menjelaskan susunan dan
letak jaringan-jaingan yang mendukung fungsi daun.
-
Membandingkan struktur
jaringan pada daun monokotil dengan daun dikotil
ALAT DAN BAHAN :
- Mikroskop cahaya
- Preparat awetan daun tumbuhan dikotil dan
monokotil
CARA KERJA :
- Siapkan mikroskop dan aturlah cahaya yang
masuk.
- Amatilah preparat awetan irisan melintang daun
monokotil dengan menggunakan mikroskop.
- Gambarlah bagian-bagian penyusun daun, beri
keterangan jaringan penyusun daun tersebut.
- Ulangi pengamatan untuk daun tanaman dikotil
HASIL PENGAMATAN
No
|
Gambar daun monokotil
|
Gambar daun dikotil
|
Keterangan
|
|
|
|
|
LEMBAR KEGIATAN
PESERTA DIDIK 7
JUDUL : Struktur jamur tempe (Rhyzopus
oryzae).
TUJUAN :
- Dapat
mendiskripsikan struktur jamur tempe (Rhyzopus oryzae).
- Dapat menyebutkanciri-ciri jamur tempe (Rhyzopus
oryzae )
ALAT DAN BAHAN :
1. Mikroskop cahaya
2. Preparat awetan jamur tempe
CARA KERJA :
- Siapkan mikroskop dan aturlah cahaya yang
masuk.
- Amatilah preparat awetan jamur tempe dengan
menggunakan mikroskop.
- Gunakan pembesaran 10 x10 dan 10 x 40
- Tentukan mana bagian-bagian berikut :
- rizoid - hifa - sporangiofor
- miselium - spora - stolon
- sporangium
- Gambarlah bagian-bagian penyusun jamur tempe,
beri keterangan gambar !
HASIL PENGAMATAN
No
|
Gambar
|
Keterangan
|
|
|
|
LEMBAR KEGIATAN
PESERTA DIDIK 8
JUDUL : Struktur alga hijau ( Spirogyra
,sp)
TUJUAN :
- Dapat
mendiskripsikan struktur alga hijau ( Spirogyra
,sp)
- Dapat menyebutkan ciri-ciri alga hijau ( Spirogyra
,sp)
ALAT DAN BAHAN :
1. Mikroskop cahaya
2. Kaca benda
3. Kaca penutup
4. pipet
5. Kertas hisap
6. Air bersih
7. alga hijau ( Spirogyra ,sp)
CARA KERJA :
- Siapkan mikroskop dan aturlah cahaya yang
masuk.
- Siapkan kaca benda dan kaca penutup. Ambilah sedikit
alga hijau ( Spirogyr,sp), letakkan diatas kaca benda dan beri
sedikit air
- Tutuplah dengan kaca penutup, hisap dengan
kertas hisap jika air terlalu
banyak.
- Amati dengan pembesaran lemah lalu dengan pembesaran kuat.
- Perhatikan bentuk kloloplasnya, amati kalau
kemungkinan terdapat zigospora
- Gambarlah
hasil pengamatanmu dalam tabel dan beri keterangan
HASIL PENGAMATAN
No
|
Gambar
|
Keterangan
|
|
|
|
LEMBAR KEGIATAN
PESERTA DIDIK 9
JUDUL : Peredaran
darah pada kecebong
TUJUAN :
- Dapat
mendiskripsikan peredaran darah pada kecebong
ALAT DAN BAHAN :
1.
Mikroskop cahaya
2.
Kaca benda
3. Kaca penutup
4. pipet
5. Kertas hisap
6. Air bersih
7. kecebong
CARA KERJA :
a.
Siapkan mikroskop dan
aturlah cahaya yang masuk.
b.
Siapkan kaca benda dan
kaca penutup. Ambilah satu kecebong, letakkan
diatas kaca benda dan beri sedikit air
c.
Tutuplah dengan kaca
penutup, hisap dengan kertas hisap jika
air terlalu banyak.
d.
Amati bagian ekor kecebong dengan pembesaran
lemah lalu dengan pembesaran kuat.
e.
Perhatikan peredaran darahnya ( kapiler darah dan darah yang mengalir )
f.
Gambarlah hasil pengamatanmu dalam tabel dan beri keterangan
HASIL PENGAMATAN
No
|
Gambar peredaran darah
|
Keterangan
|
|
|
|
0 Comment "TUGAS SEKOLAH: "materi ujian praktik XII IPA SMAN 1 PAGAK""
Post a Comment